Info Sekolah
Tuesday, 18 Jan 2022
  • Tema Akademi dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2021 di SMKN 1 Pekanbaru

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Dukungan Direktorat SMK Guna Mendorong Mutu dan Daya Saing Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19

Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.

SMKN 1 Pekanbaru telah mengikutsertakan sebanyak 336 orang siswa dari 397 jumlah siswa seluruhnya. Karena kondisi pandemi, tidak adanya izin dari orang tua dan beberapa alasan lainnya maka sebanyak 61 orang siswa tidak mengikuti seleksi VIERA. Dari jumlah tersebut yang lolos seleksi ada sejumlah 168 siswa. Namun yang mengikuti test TOEIC sebanyak 162 orang.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 27 Agustus 2021 SMKN 1 Pekanbaru melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Walaupun kondisi sedang Pandemi namun semangat dari siswa yang ingin mendapatkan pengalaman berharga dari mengikuti test ini terlihat sangat besar. Mungkin kerinduan pada aktifitas normal seperti dulu mendorong mereka untuk semangat datang ke sekolah walau dengan protocol yang sangat ketat. Demikian juga dengan guru guru dan teknisi yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan test TOEIC ini. Semuanya berusaha untuk dapat melakukan yang terbaik walaupun harus mempersiapkan segala sesuatunya sampai over time.

Dukungan dari Direktorat untuk tetap memberikan bantuan bagi anak anak SMK tetap sangat diharapkan agar setiap anak SMK memiliki kemampuan dalam berkomunikasi berstandar internasional walaupun ketika ditanyakan anak anak mengatakan soal TOEIC ini sulit, waktunya terasa sedikit terutama dalam sesi tes listening yang tidak memberikan kesempatan kedua bagi mereka untuk mendengarkan.

Berikut testimonI dari beberapa orang siswa:

1. Christopher XII TKJ 2

Test TOEIC sangat berguna untuk dapat mengetahui kemampuan bahasa inggris kita. Harapan saya kedepan agar Lebih banyak diadakan Test di berbagai tempat dan lebih baik lagi.

2. Silvia Angie XII OTKP 2

Menurut saya pelaksanaan test TOEIC ini sangat membantu kami dalam belajar bahasa Inggris karena sebelumnya diberi pelatihan. Test ini juga sangat bermanfaat karena kami akan mendapatkan sertifikat ataupun slip score yang menggambarkan kemampuan kami, sehingga nanti setelah tamat akan bisa kami gunakan sebagai nilai tambah dalam melamar pekerjaan.

3. Dwi Arsyaddiyani Deska Fatma XII AKL 2

Menurut saya test ini banyak membantu siswa dari segi pemahaman dan juga persiapan  pendidikan selanjutnya. Saat ini bahasa inggris adalah salah satu tolak ukur yang sangat diperhitungkan. Apalagi kita sebagai siswa SMK yang dipersiapkan untuk dunia kerja. Dunia kerja tak luput dari kevalidan penggunaan bahasa inggris yang memungkinkan kita menjadi salah satu kandidat yang diperhitungkan saat memasuki dunia kerja.

Sebaiknya program ini terus berlanjut, karena SMA menggunakan TOEFL dan SMK menggunakan TOEIC. Karena memang dasarnya digunakan pada tempatnya. Apalagi program yang disediakan oleh pemerintah ini gratis 100%. Sangatlah rugi apabila dilewatkan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar