Saturday, June 3

Imtaq Jumat Tahsin Al-Qur’an

Pekanbaru, 17/2. Kegiatan Imtaq Jumat kali ini diisi oleh Bapak Satria Putra, S.Pd.I. Salah seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Pekanbaru. Pembahasan Tahsinul Qur’an kali ini mengenai cara baca
surah Al-Fatihah dengan baik dan benar. Rasullullah Saw. bersabda: “Akan ada nanti hambaku yang shalat selama enam puluh tahun tapi tidak diterima shalatnya.”

Perkara pertama yang akan ditanya di akhirat adalah shalat. Jika baik ibadah shalatnya maka baiklah amalan lainnya. Jika rusak ibadah shalatnya maka rusaklah amalan lainnya. Salah satu yang sangat penting diperhatikan adalah benar tidaknya bacaan surah Al-fatihah, karena Al-fatihah bagian dari rukun shalat.

Ketika salah makhrijul hurufnya, maka akan salah artinya. Ketika sebenarnya kita mengatakan, “Kepada-Mulah kami menyembah dan kepada-Mulah kami minta pertolongan.” Jika salah membacanya maka bisa melenceng artinya menjadi, “Kepada matahari kami menyembah.” Oleh karena itu, kita hendaknya tidak menyepelekan cara pengucapan yang benar dalam melafazkan huruf-huruf dalam Al-Qur’anul Karim. (Yurattia)