Saturday, April 20

MPK dan OSIS SMK Negeri 1 Pekanbaru Mengadakan Kegiatan Berbagi Ta’jil

Bagi-bagi Ta’jil bagian dari kegiatan rutin dilakukan umat muslim selama bulan Ramadhan. Salah satunya organisasi MPK dan OSIS SMK Negeri 1 Pekanbaru ikut andil dalam kegiatan tersebut. Kegiatan berbagi Ta’jil ini dilaksanakan di waktu dan tempat yang berbeda, MPK dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Maret 2023 di depan sekolah. Sedangkan OSIS dilaksanakan pada hari Kamis, 06 April 2023 di bawah Flyover Sudirman.

Kegiatan berbagi Ta’jil ini dibawah komando Waka Kesiswaan Ibu Dra. Hj. Ritawati Tanjung dan Pembina OSIS Bapak Chairul Amri, S.Pd. Siswa anggota MPK dan anggota OSIS sangat antusias dan senang dengan kegiatan ini, karena dapat berbagi ta’jil untuk orang lain (masyarakat). Karena siswa juga ingin mendapatkan keutamaan di bulan ramadhan yaitu pahala dilipatgandakan.

Menurut Waka Kesiswaan beramal di bulan ramadhan bisa dilakukan dengan cara apa saja. Berbagi Ta’jil kepada sesama orang yang berpuasa salah satu caranya. Berbagi Ta’jil berarti kita memberi kepada orang lain, perilaku memberi itu dapat digolongkan sebagai sedekah. Pembina Osis juga menambahkan berbagi ta’jil akan mendapatkan pahala seperti orang sedang berpuasa. Jika dapat dikatakan bahwa kita dapat double pahala. Kita yang berpuasa mendapat pahala kerena menunaikan puasa, kita memberi ta’jil ke orang yang berpuasa juga akan mendapat pahala dari orang tersebut.

Laporan : Syalma Hendri