Saturday, May 18

Silaturahmi Keluarga Besar Guru SMK Negeri 1 Pekanbaru dengan Guru Purna Bakti Menyongsong Ramadhan 1445 H.

Pekanbaru, Kamis 7/03/2024

Ibu kepala sekolah SMK Negeri 1 Pekanbaru, Dra. Hj. Geni Wilyarti, M.M. hari ini (7/03/2024) mengundang Bapak Ibu Purna Bakti untuk datang ke Kampus Hijau bersempena acara Khatam Al-Quran dan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.

Dalam sambutannya Ibu Kepala Sekolah menyampaikan ucapan selamat datang kembali di kampus hijau SMK Negeri 1 Pekanbaru kepada Bapak Ibu Purna Bakti. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih yang dalam atas tunjuk ajar selama ini sehingga beliau bisa menjadi seperti sekarang ini. Ibu Geni juga mengatakan bahwa kesuksesan seseorang bukan karena dirinya sendiri. Tetapi tentu karena didukung oleh keluarga dan rekan-rekan seperjuangan. Ibu Geni berharap, grup Purna Bakti tetap eksis agar silaturahim tetap terjalin. Beliau menutup sambutannya dengan permohonan maaf atas segala kekurangan dan berujar,” Tanpa Ibu Bapak, kami tidak akan mampu melakukan ini semua”.

Ibu Siti Maryam yang didaulat untuk memberikan kata sambutan menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas inisiatif Kepala Sekolah untuk kembali mengumpulkan para Purna Bakti sehingga silaturahim tetap terjalin.

Ibu Siti yang akrab disapa, menjadi kepala sekolah dari tahun 1996 sampai dengan 2004 dan saat ini sudah berusia 80 tahun. Beliau menyampaikan bahwa guru SMK Negeri 1 Pekanbaru banyak yang berprestasi. Sehingga sudah banyak yang menjadi kepala sekolah seperti Ibu Geni, Ibu Sudarti, Pak Bowo, Pak Zul dan Pak Nurman.
Ibu Siti berharap Bapak dan Ibu yang masih aktif agar tetap bahu membahu mengabdi mencerdaskan anak bangsa di sekolah kita ini. Beliau menutup sambutannya dengan harapan agar silaturahmi tetap terjalin di masa yang akan datang.

Acara silaturahmi ini dilanjutkan dengan makan bersama, berfoto dan kunjungan sosial kepada purna bakti yang sedang sakit.

Berikut Pesan dan Kesan dari beberapa orang Guru Purna Bakti dan dari Komite Sekolah;

  1. Ibu Siti Maryam

“Pertama kami menyambut baik terselenggaranya acara ini sehingga bisa mengumpulkan kembali teman-teman yang sudah purna bakti. Kalau bisa acara ini diadakan setiap tahun. Sehingga kita tidak terputus hubungan antara yang sudah purna bakti dengan yang baru”.
” Yang kedua, kami sangat terkesan sekali dengan SMK Negeri 1 Pekanbaru yang tetap eksis sampai sekarang setelah saya tinggalkan lebih kurang 20 tahun. Tetap sukses dan menjaga nama baik yang selalu dikenal tidak hanya di Riau, tapi juga di seluruh Indonesia. Karena dulu, SMK Negeri 1 Pekanbaru boleh dikatakan sebagai kiblat bagi sekolah-sekolah lain dan SMK N 1 adalah sebagai sekolah Outlet, yaitu tempat sekolah-sekolah lain dari berbagai daerah di Indonesia menitipkan siswanya untuk magang ke Luar Negeri. Walaupun sekarang praktek kerja ke luar negeri tidak lagi dianjurkan seperti dahulu, hendaknya SMK Negeri 1 Pekanbaru tetap mempertahankan nama baiknya sebagai sekolah terdepan dan tetap bisa mempertahankan sekolah kita sebagai rujukan bagi sekolah-sekolah lain. Dan kawan-kawan yang baru disini jangan stagnan. Teruslah meningkatkan ilmu pengetahuan dan keahlian sehingga bisa mendidik anak-anak kita untuk Siap Kerja, Siap Berwirausaha dan Siap untuk Melanjutkan Pendidikan”.

  1. Bapak Muhammad Amin

” SMK Negeri 1 luar biasa, unggul dan terdepan. Memang disinilah pusat keunggulan dan prestasi. Mulai dari guru-guru nya, siswa-siswi nya, dan sudah menjadi tradisi sekolah ini memang kompak. Guru-gurunya bagus, bermutu dan berkualitas, memiliki kompetensi yang tinggi, kekerabatan nya tinggi dengan alumni termasuk juga anak-anak. Hari ini diadakan Khatam Al-Quran dan ceramah menyambut bulan suci Ramadhan dan itu suatu langkah yang bagus untuk membentuk karakter, budi pekerti dan etika anak-anak sekalian dan ini perlu dilanjutkan dan dilestarikan serta ditiru oleh sekolah-sekolah lain”.

  1. Bapak Efrijoni

“Acara silaturahmi ini adalah sesuatu yang sangat diinginkan. Yaitu adanya silaturahmi antara guru yang sudah purna bakti dengan guru yang masih dalam dinas. Alhamdulillah dengan adanya acara ini tentu silaturahmi ini semakin berlanjut menjadi hablumminnas yang diridhoi Allah. Sehingga pertemuan ini akan mempereratkan silaturahmi kita karena juga dianjurkan dalam agama kita. Bahwa semakin banyak silaturahmi maka Allah akan banyak melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Dalam hal ini kami sangat berharap bahwa ini tetap berlanjut terus dan saya juga berdoa mudah-mudahan para sahabat, teman yang ada sekarang ini tetap dalam keadaan sehat walafiat dan dimurahkan rezeki dan tetap diridhoi oleh Allah SWT. Karena akan memasuki bulan suci Ramadhan hendaknya kita saling memaafkan”.

  1. Ibu Yulvi Yeni

“Terima kasih atas undangan dari kepala sekolah dan teman-teman dari SMK 1 kepada kami semua yang sudah purna bakti. Kami sangat bangga karena disini terjalin kembali silaturahmi yang selama ini mungkin kami idam-idamkan, baru sekarang kami bisa bertemu bersama dengan teman-teman semua. Dan kesan kami saat ini agar silaturahim ini dapat terjalin dapat hendaknya dilanjutkan pada masa yang akan datang dan semoga kita semua diberi umur panjang, diberi kesehatan, dan bisa kembali berkumpul seperti saat ini”.

  1. Ibu Yusnadiar

“Kesan saya sangat banyak sekali sehingga tidak terungkap semua. Diantaranya pelayanan dan keramah-tamahan semakin meningkat, keakraban nampak diantara yang masih aktif dan sesama purna bakti, seperti keluarga yang menyatu kembali. Mudah-mudahan untuk ke depannya lebih ditingkatkan lagi”.

  1. Ibu Weny Fitriaty, SH. (Komite Sekolah)

“Saya sangat menyambut postif acara silaturahmi bersama purna bakti sekaligus menyambut bulan suci Ramadhan. Saya melihat wajah-wajah bahagia dari Bapak dan Ibu guru semua. Saya adalah alumni dari SMK 1. tahun 1997. Saya juga melepas rindu kepada guru-guru saya semua. Jadi kegiatan ini bagus sekali karena keluarga besar kita ini tetap bisa bertemu walaupun sudah purna bakti atau sudah pindah tugas ke sekolah lain. Keluarga besar SMK Negri 1 Pekanbaru tetap saling support dan bersinergi. Saya mendoakan agar SMK Negeri 1 Pekanbaru ini semakin maju. Kita menyambut baik acara ini dan berharap tetap berlanjut di tahun-tahun mendatang”.


(Yurattia Y)