Friday, May 3

Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja di SMK Negeri 1 Pekanbaru.

Pekanbaru, Jumat 15 September 2023

SMK Negeri 1 Pekanbaru menaja Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja selama tiga hari tanggal 14, 15 dan 16 September 2023.

Acara dibuka oleh Kabid SMK Bapak Dr. Arden Simeru, M. Kom. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya penyelarasan pembelajaran di SMK sehingga output dari sekolah nanti sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Untuk itu, sekolah dan DUDI perlu duduk bersama untuk kesetaraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Narasumber adalah dari dua DUDI yaitu dari GM Novotel Pekanbaru dan GM Labersa & Grand Convention Hotel. Sementara penguatan diberikan oleh Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat dalam hal ini sebagai Pendamping Sekolah PK yaitu ibu Rozi Yulianti, S. ST. Par. MM.

Penyelarasan kurikulum ini dilakukan oleh enam program keahlian yang melibatkan berbagai DUDI, yaitu;

  1. Dari jurusan Perhotelan bersama General Manager Hotel Novotel, Bapak Sentot Lasiyanto dan General Manager Hotel Labersa & Grand Convention Hotel, Bapak Hengki.
  2. Dari jurusan Usaha Layanan Pariwisata bersama Direktur PT. Tigo Balai Tour & Travel, Bapak Osvian Putra.
  3. Dari jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga bersama Ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, Ibu Lilisen, SE. M. Ak.
  4. Dari jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi bersama Pimpinan PT GlobalRiau Data Solusi, Bapak Teuku Muhammad Syukransyah.
  5. Dari jurusan Managemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Pimpinan PT Imeco Inter Sarana, Ibu Dewi Azura
  6. Dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran bersama Store Manager Hypermart Mall SKA Pekanbaru,
    Bapak Yudi Alfian.

Bapak dan Ibu dari Dudi kemudian duduk bersama dengan guru-guru kejuruan membicarakan hal-hal yang perlu dilakukan dalam Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Hari ini dilaksanakan penandatanganan dokumen Validasi Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja yang telah dilakukan antara SMK Negeri 1 Pekanbaru khusus dengan GM Hotel Labersa dan Novotel. Sementara jurusan lain akan melanjutkan penyusunan dokumen sehingga validasi dokumen akan dilakukan pada hari terakhir.
(Yurattia)