Thursday, May 2

Program Keahlian Usaha Layanan Parawisata  SMK Negeri 1 Pekanbaru Melaksanakan Praktik Countryside Tour Kab. Siak

Pekanbaru, Rabu 29 November 2023

Usaha Layanan Pariwisata (ULP) adalah Program Keahlian yang mempersiapkan siswa siswinya untuk siap bekerja dalam bidang Pariwisata khususnya dalam Perencanaan dan Pengelolan Perjalanan Wisata dan Pemanduan Wisata dan Memimpin Rombongan Wisatawan. Hal ini  tertuang dalam Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Untuk mencapai tuntutan tersebut maka Program Keahlian ULP SMKN 1 Pekanbaru melaksanakan Praktik Pembelajaran dalam wadah kegiatan Countryside Tour ke Kabupaten Siak. Sebelum pelaksanaan kegiatan, Kepala Program Keahlian (Helen Rusmawati S.Pd) telah membicarakan hal tersebut dengan Kepala Sekolah (Dra. Citra Aries M.Pd.) dan mendapatkan dukungan yang sangat baik. Dalam kegiatan tersebut siswa siswi mengaplikasikan kompetensi mereka dalam merancang perjalanan wisata dan melaksanakan pemanduan serta memimpin rombongan wisatawan. Tidak hanya guru bidang Pariwisata  saja yang ikut dalam membimbing mereka akan tetapi melibatkan juga Guru Tamu dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ismael Bramarya. Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum (Dra. Nursawiyah M.Pd.) juga ikut dalam mendampingi kegiatan tersebut.

Siswa siswi berkumpul di SMKN 1 Pekanbaru sebagai titik kumpul keberangkatan dan sesuai jadwal bus berangkat tepat pukul 06.30 WIB. Kurang lebih 2,5 jam perjalanan rombongan tiba di Kabupaten Siak dan berhenti sebentar di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah kurang lebih 15 menit.

Selanjutnya tepat pukul 09.00 WIB rombongan tiba di Istana Siak, pengarahan diberikan oleh Tour Guide. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, siswa siswi juga mendapatkan infromasi lebih detail tentang Istana Siak dari local Guide yang ada di sana yaitu Bapak Tengku Syaiful. Dari Istana Siak rombongan langsung menuju ke makam Sultan Syarif Kasim II dan masjid Syahbullah dan juga mendapatkan informasi dari local guide di sana. Acara selanjutnya adalah makan siang di salah satu restoran yang ada di Siak. Untuk membentuk karakter siswa yang berkeTuhanan Yang Maha Esa maka seluruh siswa siswi yang muslim diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah sholat di masjid Islamic Centre Siak. Agenda berikutnya adalah kunjungan ke Tangsi belanda, di sini juga rombongan diberi informasi oleh local guide yang ada di sana.

Di sela sela informasi dari local guide siswa siswi juga harus mempraktikkan pemanduan di setiap objek wisata dan di atas kendaraan (bus) serta melakukan observasi di objek wisata, restoran, transportasi yang digunakan, aktivitas tour secara menyeluruh dan mengisi format format tugas serta membuat laporan kegiatan tour berbentuk Analisa SWOT dari seluruh fasilitas tour yang digunakan.  

Sore hari sekitar pukul 15.30 WIB rombongan Kembali ke Pekanbaru dan tiba di SMKN 1 Pekanbaru pada pukul 19.00 WIB, Alhamdulillah seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar, demikian yang disampaikan oleh Kepala Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata ibu Helen Rusmawati S.Pd.