Monday, April 29

Upacara Senin di SMK Negeri 1 Pekanbaru.

Pekanbaru, Senin 5 Februari 2024. Pelaksana upacara bendera Senin (05/02) adalah gabungan OSIS dan MPK. Pembina upacara kepala sekolah Dra. Hj. Geni Wilyarti, M.M,. Dalam amanatnya kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada pelaksana upacara, dan menyampaikan 4 Kunci Sukses dalam Hidup. Diantaranya; 1) Niat, 2) Disiplin, 3) Motivasi, 4) dan Komitmen.

Niat. Niat merupakan pondasi dari semua proses pekerjaan yang akan dilakukan. Berawal dari niat yang baik, maka75 % pekerjaan kita sudah tergambar keberhasilannya. Contoh ketika berangkat sekolah tanamkan niat untuk menuntut ilmu, bukan ingin bertemu teman, duduk di kantin, dan sebagainya. Disiplin. Terapkan disiplin kapan dan dimana pun berada. Karena kita hidup bermasyarakat, disiplin merupakan kunci kesuksesan. Caranya mulailah 1 jam lebih awal mengerjakan sesuatu, maka kita akan menemukan banyak hal kebaikan.

Motivasi. Motivasi adalah dorongan seseorang untuk mencapai tujuan. Niat yang baik kemudian didorong motivasi yang baik, maka tercapai tujuan yang baik pula. Motivasi itu ada dua, motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik. Motivasi intrinsik dari dorongan dari diri sendiri, sedangkan motivasi ektrinsik dari luar seperti teman, orang tua, dan lingkungan. Keduanya punya pengaruh dalam kesuksesan hidup kita. Komitmen. Komitmen merupakan kesadaran melaksanakan niat kemudian diiringi dengan motivasi. Komitmen melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab, karena setiap komitmen yang dibangun ada konsistensi yang kita dapatkan. (Yurattia Y)