Monday, April 29

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1445H

Pekanbaru (19/02/2024). Bertempat di halaman sekolah pada hari Jumat (16/02) Peringatan Isra Mi’raj dengan tema Mari Kita Jadikan Shalat Sebagai Kebutuhan dan Cahaya Kehidupan Dunia Akhirat berlangsung dengan khidmat dilihat dari antusiasme yang hadir. Acara diawali Tilawah oleh Najla Nayla kelas XI TKJ 1. Selanjutnya kata sambutan Kepala SMK Negeri 1 Pekanbaru Dra. Hj. Geni Wilyarti, M.M. Dalam sambutannya menyampaikan kegiatan rutin dengan tema seperti ini memiliki dampak yang luar biasa bagi muslim untuk mengingatkan kita kembali bahwa Shalat itu merupakan kebutuhan yang wajib bagi kita.

Ustadz Mirwan, M.Pd.I dalam tausiyahnya menceritakan tentang perjalanan malam Rasulullah SAW saat Isra Mi’raj. Intinya kita sebagai umat Islam harus percaya bahwa peristiwa tersebut benar terjadi, sekaligus menunjukkan bahwa betapa agungnya sang maha pencipta Allah SWT. Isra Mi’raj merupakan peristiwa besar bagi Nabi Muhammad SAW, berbagai pengalaman dan pengetahuan didapat tentunya sangat bermanfaat bagi dirinya, umatnya, serta alam semesta.

Beberapa hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa Isra’ mi’raj Pertama, tingginya derajat kehambaan Rasulullah SAW. Kedua, pembekalan dakwah yang tangguh. Peristiwa Isra Miraj disebut dengan tahun kesedihan (amul huzni). Istrinya Khadijah wafat dan disusul pamannya Abu Thalib. Terakhir ustadz menyampaikan untuk terus mendirikan shalat, karena shalat dapat menjaga manusia terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. (Muthia)