Saturday, May 18

Kegiatan Imtaq Jumat Tahsinul Qur’an

Pekanbaru, 23/2/2024. Agenda Jum’at pagi di SMK Negeri 1 Pekanbaru adalah Tahsinul Qur’an bersama Ustadz Satria Putra, S.Pd.I yang diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa dalam upaya memperbagus bacaan Al-Qur’an. Kegiatan Tahsin tersebut untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa yang kurang baik dari tajwid hingga makharijul huruf.

Ustadz menyampaikan pentingnya penerapan pelaksanaan Tahsin dalam kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Karena Tahsin bertujuan memperbaiki dan memperbagus bacaan Al-Qur’an sesuai dengan tajwidnya. Sebagian orang mengira belajar Tahsin itu susah, sehingga banyak orang yang tidak segera memulai belajar untuk memperbaiki bacaan mereka. Padahal mudah atau tidaknya itu, ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah cara belajarnya.

Latihan membaca Al-Qur’an secara perlahan akan sangat membantu proses pembelajaran. Fokuslah pada intonasi serta tanda baca yang tertulis di dalam Mushaf. Jangan tergesa-gesa dalam membaca, karena bisa berpotensi salah baca atau salah huruf dalam praktiknya. Kegiatan hari ini diakhiri dengan kegiatan Shalat Dhuha berjamaah di lapangan sekolah bersama siswa kelas X yang diimami langsung oleh Ustadz Satria Putra, S.Pd.I. (Muthia)