Monday, April 29

SMEKANSA Tour and Travel Handle Kegiatan Kunjungan Industri Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Pekanbaru (02/03/2024). Teaching Factory (TEFA) Program keahlian Usaha Perjalanan Wisata/Usaha Layanan Pariwisata (UPW/ULP) yaitu SMEKANSA Tour and Travel, merupakan TEFA yang sudah terdaftar sebagai BLUD SMK Negeri 1 Pekanbaru. Baru-baru ini telah menghandle perjalanan Kunjungan Industri (KI) program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Pekanbaru ke PT. Agrimitra Utama Persada ( SMS SUMBAR) selama tiga hari (27, 28, 29/02). Ketua Jurusan UPW/ULP sekaligus sebagai Tour Leader Helen Rusmawati, S.Pd dibantu oleh dua siswa UPW Arya dan Maya sebagai asisten (guide).

Tour Leader mengucapkan terima kasih kepada Kajur Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Pince Utama, S.Kom telah mempercayakan kepada SMEKANSA Tour and Travel untuk menghandle perjalanan Kunjungan Industri sekaligus Tour Sumbar. Semoga kedepannya TEFA SMEKANSA Tour and Travel SMK Negeri 1 Pekanbaru semakin berkembang sehingga siswa UPW/ULP bisa praktik langsung dalam pengemasan paket wisata atau pun proses operasional perjalanan paket wisatanya. SMEKANSA Tour and Travel tidak saja mengelola kunjungan industri, tapi juga menyediakan layanan pemesanan paket wisata termasuk pemesanan tiket pesawat dan bus, imbuhnya.

Perjalanan Kunjungan Industri tiga hari tersebut sangat berkesan bagi guru dan siswa. Siswa sangat antusias mendengarkan proses produksi air Sumber Minuman Sehat (SMS). Mulai dari penyulingan, pengemasan, dan sampai pada distribusi. Dengan adanya Kunjungan Industri ini siswa dapat mengambil pelajaran diantaranya; 1) Memperluas pengetahuan siswa dalam dunia kerja, 2) mendorong siswa mempunyai minat kerja di perusahaan dan sebagai pengusaha, 3) memberikan informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan, 4) mendorong siswa mempunyai rasa disiplin dan tanggung jawab, 5) dan lain sebagainya.

Selesai Kunjungan Industri siswa melanjutkan kegiatan Tour Sumbar. Diantara tempat yang dikunjungi Mesjid Raya Padang, Taplau Padang, Explore pulau disekitaran kawasan Mandeh Painan, Kebun Teh Solok, dan Jam Gadang Bukittinggi. Siswa sangat bahagia terutama saat berada di pulau, mereka menghabiskan waktu berenang, mencoba berbagai wahana laut, melihat ikan dan terumbu karang, loncat dari ketinggian, dan menyelusuri hutan mangrove yang indah dan berakhir di air terjun. Tiga hari yang menyenangkan, pangalaman terindah, perjalanan terbaik dan menakjubkan, kata hati semua guru dan mewakili seluruh siswa. (Syalma)