Sunday, May 19

“Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” Tema HARDIKNAS 2024

Pekanbaru, 2 Mei 2024

Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) selalu diperingati pada tanggal (2/5). Hari Pendidikan Nasional selain mengenang jasa Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan, juga untuk mengingatkan pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa. Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024, dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar”. SMK Negeri 1 Pekanbaru, melaksanakan upacara bendera di lapangan sekolah, dan diikuti oleh seluruh warga sekolah. Pelaksana HARDIKNAS 2024 siswa OSIS dan PASUS sebagai pengibar bendera. Pembina upacara adalah Waka Kurikulum Dra. Hj. Nursawiyah, M.Pd.

Amanat pembina upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan Nadim Makariem yang menyatakan bahwa; “5 tahun terakhir ini adalah waktu yang mengesankan dalam perjalanan menjadi pemimpin dari Gerakan Medeka Belajar. Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran sehingga tampak wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang sedang dibangun bersama dengan Gerakan Merdeka Belajar. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus di teruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus di lanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan”.

Diakhir amanat pembina upacara juga menyampaikan ucapan terima kasih Pak Menteri atas perjuangan Bapak/Ibu guru dalam melaksanakan Gerakan Merdeka Belajar dan berharap kepada Bapak/Ibu guru sebagai penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar. (Ayu)